Tips cara merawat rambut dan mengatasinya dengan cara alami

8 Fakta Penyebab Rambut Rontok Parah Dan Cara Mengatasinya

Apa penyebab rambut rontok parah pada pada wanita dan pria? Sering kali kita jengkel karena menemukan rambut rontok yang berlebihan, namun sudahkah Anda tahu apa saja penyebab rambut rontok ? Ada banyak hal yang bisa membuat rambut kita mudah rontok, sayangnya kita jarang peduli atau bahkan tidak tahu bahwa hal tersebut bisa menjadikan rambut mudah rontok.
Dibawah ini kami siap mengupas beberapa fakta tentang penyebab rambut rontok parah yang biasa dialami baik oleh kaum perempuan maupun laki-laki dari berbagai kalangan usia.

Penyebab rambut rontok parah pada pria dan wanita
Penyebab rambut rontok dan cara mengatasi
Kehamilan


Mungkin sebagian dari Anda yang saat ini hamil pernah mengalami kerontokan rambut yang kurang wajar dari biasanya ? Hal ini sangatlah wajar, karena pada saat Anda hamil hingga nantinya melahirkan, menyusui, kegiatan ini bisa membuat rambut jadi lebih mudah patah. Hal ini bisa terjadi karena perubahan hormon disemua bagian tubuh, namun setelah Anda melewati masa melahirkan biasanya rambut akan kembali normal.

Gangguan hormon

Sesuai dengan pernyataan pada poin 1 bahwa kerontokan rambut juga bisa disebabkan oleh perubahan hormon, termasuk gangguan hormonal. Salah satu gangguan hormon yang bisa menyebabkan kerontokan parah adalah gangguan hormon androgen. Selain hormon androgen, hormon estrogen juga menyebabkan seseorang mengalami kerontokan rambut cukup parah, hal ini biasa terjadi pada kaum perempuan.

Pertumbuhan rambut tidak seimbang

Akibat proses pertumbuhan rambut yang tidak normal bisa jadi mengakibatkan seseoang mengalami kerontokan rambut. Bukan hanya itu saja, perlu Anda ketahui bahwa antara satu orang dnegan lainnya memiliki pertumbuhan rambut yang berbeda-beda. Oleh karena itu Anda bisa memperhatikan bahwa mereka yang sering mengalami kerontokan rambut biasanya memiliki masalah dengan siklus pertumbuhan si rambut atau bisa juga karena hormon yang berbeda.

Dampak dari obat

Untuk Anda yang masih dalam masa penyembuhan, biasanya mengonsumsi obat untuk kesembuhan, tanpa Anda sadari, obat yang mungkin terlalu keras ini bisa menyebabkan rambut jadi mudah rontok. Hal ini terjadi karena tubuh akan terasa panas dan rambut tidak mampu bertahan lebih lama. Obat yang biasa menyebabkan kerontokan rambut adalah obat yang mengandung anti depresan, kemoterapi, vitamin A, kontrasepsi hingga asam urat.

Penyakit

Kemudian hal lain yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kerontokan rambut adalah dikarenakan sedang memiliki suatu penyakit dan bisa dikatakan penyakit tersebut cukup parah. Contoh penyakit yang menyebabkan rambut rontok adalah penyakit diabetes hingga penyakit lupus.

Infeksi

Infeksi yang dimaksud adalah infeksi di kulit kepala, bila Anda mengalami infeksi di bagian kulit kepala, segera gunakan salep atau obat yang bisa menyembuhkan infeksi ini. karena infeksi di kulit kepala juga menjadi salah satu penyebab seseorang mudah mengalami kerontokan rambut.

Gangguan emosional

Gangguan emosional seperti stress, berpikir terlalu berat bahkan depresi juga bisa menyebabkan seseorang mengalami kerontokan rambut. Semakin Anda stress, maka semakin banyak pula rambut yang akan rontok.

Kekurangan vitamin

Dan penyebab rambut rontok selanjutnya dikarenakan Anda kekurangan vitamin atau nutrisi yang memang dibutuhkan oleh rambut. Ada beberapa nutrisi penting yang keberadaannya harus Anda penuhi demi terjaganya rambut yang sehat dan kuat.

Demikian adalah beberapa penyebab rambut rontok berlebihan yang bisa Anda pelajari, semoga dengan adanya informasi ini Anda bisa mendapatkan manfaat sehingga bisa menjaga dan merawat rambut agar tetap sehat sesuai dengan keinginan semua orang.

Ada 8 penyebab rambut rontok pada pria dan wanita yang perlu Anda perhatikan, jangan sampai ketika Anda sudah tahu hal tersebut bisa menyebabkan rambut rontok, Anda justru terkesan tidak peduli. Karena rambut yang rontok terus menurus bisa menyebabkan kebotakan. Untuk Anda yang sudah memasuki usia dewasa pasti pertumbuhan rambutnya jauh lebih lambat daripada mereka yang masih dalam masa pertumbuhan.

Perhatikan informasi diatas dengan baik, harapan kami adalah Anda bisa mengatasi masalah kerontokan rambut dengan cara yang baik dan benar. Sehingga tidak menyebabkan masalah dikemudian hari. Jadikan rambut sehat tanpa masalah berarti sehingga Anda bisa menikmati bahwa hidup ini indah dan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Lihat juga:
Cara mengatasi rambut rontok
Cara merawat rambut rontok
Obat rambut rontok

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 8 Fakta Penyebab Rambut Rontok Parah Dan Cara Mengatasinya